Selasa, 25 September 2012

KOMPUTER HARDWARE




3.0 Hardware Komputer
3.0.1 Motherboard

Motherboard modern mencakup, sekurang-kurangnya:
  soket (atau slot) di mana satu atau lebih mikroprosesor dipasang
  slots ke sistem yang memori utama yang terinstal (biasanya dalam bentuk DIMM yang berisi modul-modul DRAM chip)
  sebuah chipset yang membentuk sebuah antarmuka antara CPU's front-side bus, memori utama, dan perangkat bus
  non-volatile memory chips (usually Flash ROM dalam motherboard modern) yang berisi sistem firmware atau BIOS
  sebuah clock generator yang menghasilkan sistem sinyal clock untuk menyinkronkan berbagai komponen
  slot untuk kartu ekspansi (antarmuka ini ke sistem melalui bus didukung oleh chipset)
  konektor power berkedip-kedip, yang menerima tenaga listrik dari catu daya komputer dan mendistribusikannya ke CPU, chipset, memori utama, dan kartu ekspansi.

3.0.2. CPU soket 

 Sebuah CPU CPU soket atau slot adalah komponen listrik yang melekat pada papan sirkuit cetak (PCB) dan dirancang untuk rumah CPU (juga disebut mikroprosesor).

3.0.3. PSU
PSU adalah komponen yang memasok listrik ke komponen lain dalam komputer. Lebih khusus, unit suplai daya biasanya dirancang untuk mengkonversi untuk tujuan umum alternating current (AC) dari listrik utama (100-127V di Amerika Utara, sebagian Amerika Selatan, Jepang, dan Taiwan; 220-240V di sebagian besar seluruh dunia) untuk digunakan rendah daya DC tegangan untuk komponen internal komputer.

3.0.4. Processor
Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
•         Aritcmatics Logical Unit (ALU)
•         Control Unit (CU)
•         Memory Unit (MU)

3.0.5. VGA Card
VGA, singkatan dari Video Graphics Adapter, adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer.

3.0.6. Chipset
            Secara fisik, chipset berupa sekumpulan IC kecil atau chips yang dirancang untuk bekerjasama dan memiliki fungsi-fungsi tertentu. Pada sistem hardware komputer, chipset ini bisa terdapat pada motherboard, card-card (kartu-kartu) ekspansi, misalnya pada kartu grafis (video card), atau pada peralatan komputer lainnya.
macam-macam chipset :

a.Northbridge
            Northbridge disebut juga dengan nama memory controller hub (MCH). Perusahaan pembuat chipset yang menggunakan nama sebutan MCH ini adalah Intel. Sedangkan AMD, VIA dan perusahaan lainnya lebih banyak menggunakan nama sebutan northbridge.
            Northbridge memiliki peran khusus yang sangat penting dalam suatu sistem motherboard. Northbridge adalah bagian yang menghubungkan prosesor (CPU) ke sistem memori dan graphics controller (AGP dan PCI Express) melalui bus berkecepatan tinggi, dan ke southbridge. Dengan demikian, Northbridge bertugas mengendalikan/ menangani komunikasi antara CPU, RAM, AGP atau PCI Express, dan southbridge. Bahkan pada sebagian chipset, di dalam northbridge juga berisi integrated video controller (pengendali video terintegrasi). Pada sistem Intel istilah integrated video controller ini disebut dengan nama Graphics and Memory Controller Hub (GMCH).

b. Southbridge
            Southbridge adalah bagian dari chipset yang mengontrol bus IDE, USB, dukungan Plug and Play, menjembatani PCI dan Isa, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power management dan sejumlah perangkat lainnya.
            Southbridge berhubungan dengan pheriperal, memalui jalur penghubung yang kecepatannya (kecepatan bus) lebih lambat (misalnya bus PCI dan bus ISA) dibandingkan jalur penghubung yang digunakan oleh northbridge. Pada beberapa chipset modern, southbridge sebenarnya mengandung (memuat) pheripheral yang terintegrasi pada chip, seperti ethernet, USB, dan audio.

3.0.7. Input/Output Devices
Unit Input/Output (I/O) adalah bagian dari sistem mikroprosesor yang digunakan oleh mikroprosesor itu untuk berhubungan dengan dunia luar.
Unit input adalah unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor ini, contohnya data yang berasal dari keyboard atau mouse. Sementara unit output biasanya digunakan untuk menampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan oleh mikroprosesor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer.

Berikut adalah contoh-contoh perangkan I/O:

 Keyboard
 Mouse
  Printer
  Scaner

Artikel Terkait

0   komentar

Posting Komentar

Cancel Reply
W E L C O M E